Tips Memilih dan Merawat CCTV

Tindak kriminal semakin hari semakin banyak dan mulai bervariasi modusnya. Menjaga keamanan akan sangat penting bagi anda yang memiliki tempat usaha ataupun rumah. Penggunaan CCTV merupakan salah satu alternatif yang sangat efektif. CCTV dapat membantu merekam setiap pergerakan, sehingga ketika ada kejahatan terjadi rekaman tersebut dapat dijadikan barang bukti.

Namun, bagaimana agar tidak salah Langkah dalam memilih CCTV yang baik dan cocok. Berikut Rekasys akan membagikan beberapa tips dalam memilih CCTV dan bagaimana cara merawatnya.

 

Menentukan Tempat Pemasangan CCTV

Ilustrasi CCTV outdoor (Sumber : dekoruma.com)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi di bagian mana yang perlu untuk dipasangi CCTV. Biasanya CCTV dipasang di tempat yang sering dilewati orang, area utama seperti teras garasi, pintu depan dan belakang, ruangan-ruangan yang sering dikunjungi, tempat penyimpanan. Jika ingin memasangnya di tempat usaha, penting untuk menaruh di daerah kasir dan bahan-bahan lainnya.

Jika masih mengalami kesulitan dalam memilih tempat menaruh CCTV, Anda bisa menanyakannya kepada teknisi yang akan memasang CCTV, biasanya mereka akan merekomendasikan dimana tempat yang seharusnya dipantau.

 

Memilih Resolusi Kamera

Ilustrasi Kualitas gambar (Sumber : bp-guide.id)

Kamera CCTV juga memiliki resolusi yang berbeda. Dalam memilih ini perlu diperhitungkan berdasarkan kebutuhan dan biaya yang dimiliki. Ada jenis dari kamera CCTV seperti HD dan TVL. Bagi anda yang menginginkan hasil rekaman detail dan jelas bisa untuk memilih kamera dengan definisi HD dengan resolusi 1080p, namun bukan berarti kamera dengan resolusi TVL tidak baik, melainkan TVL dapat memberikan gambaran yang baik, dimulai dengan 600 TVL.

 

Memilih Mitra CCTV Terpercaya

Ilustrasi berjabat tangan (Sumber : cnnindonesia.com)

 

Anda bisa untuk menggunakan jasa pemasangan CCTV jika merasa belum memahami sama sekali tentang CCTV. Memilih mitra untuk memasang CCTV juga sangat penting, banyak yang salah dalam memilih sehingga  membuat mereka merasa kesulitan dalam menggunakan CCTV.

Rekasys bisa menjadi mitra terpercaya anda, dimana kami menawarkan Online Security Syste yang pasti berasal dari merek terpercaya yang dapat menjamin keamanan dan kemudahan bagi anda. Dengan fitur yang canggih membuat anda dapat memantau CCTV dimana saja dan kapan saja dari gadget pribadi anda.

Untuk pemasangannya, Rekasys menyediakan garansi selama 1 tahun pemasangan dan perawatannya. Untuk menggunakan layanan jasa kami, baik pemesanan maupun konsultasi silahkan hubungi nomor 081245127368 (Aditya).

 

Rawat CCTV yang Telah Dipasang

Ilustrasi pembersihan cctv (Sumber : bestreviews.net)

Merawat CCTV tidak begitu sulit, ada beberapa tips yang mudah untuk dilakukan dalam merawatnya.

  • Menjaga kebersihan

Tentu CCTV harus dijaga kebersihannya, mulai dari lensar kamera, housing, drive unit, DVR, Monitor dan lain sebagainya. Bersihkan dari debu-debu yang menempel agar tidak menghambat kinerja dari CCTV dan sistem didalamnya.

  • Selalu perhatikan pengaturannya

Memperhatikan pengaturannya juga sangat penting seperti  pengaturan mode rekamannya yang dimana pengaturan harus diatur secara optinal, masa penyimpanan hasil rekaman, kualitasnya, dan lain-lain.

  • Selalu perhatikan komponennya

Komponen harus diperhatikan agar tidak mengalami kerusakan, seperti mengecek jika ada yang tidak tersambung atau mengusahakan agar tidak disurak oleh hama seperti tikus.

  • Selalu mencadangkan rekaman

Jika kapasitas CCTV penus, perlu untuk dilakukan pencadangan dengan memilah mana rekaman yang perlu untuk disimpan dan mana yang bisa untuk dibuang. Jika semua hasil rekaman penting untuk disimpan, disarankan untuk selalu mencadangkan rekaman secara teratur.

 

Tips Memilih CCTV dan Cara Perawatannya

Memilih CCTV kini tidak akan sulit lagi, jangan takut untuk memulai memasang CCTV di rumah maupun di tempat usaha anda untuk menghindari kerugian-kerugian kedepannya. Jangan lupa untuk membagikan tips bermanfaat ini agar tidak ada yang ketinggalan informasi lainnya di website Rekasys.

TENTANG PENULIS