Aplikasi Web Based: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Aplikasi web cukup populer di kalangan peminat teknologi, seiring dengan jumlah pengguna internet aktif, semakin menambah citra aplikasi berbasis web. Selain mudah diakses dengan berbagai macam perangkat, aplikasi web based tidak membutuhkan sumber daya yang besar, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak.

Kepopuleran serta berbagai kemudahan yang ditawarkan sedikit menggeser pendahulunya, yakni aplikasi berbasis desktop. Perangkat desktop sudah mulai tergantikan dengan website yang lebih ramah pengguna dan dikenal masyarakat dari berbagai kalangan.

Untuk bahasan lebih lanjut, simak ulasan mengenai pengertian dan manfaat aplikasi web based berikut ini!

Pengertian Aplikasi Web-Based

(Sumber: https://idcloudhost.com/)

Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, dan JS yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya, seperti Chrome atau Firefox.

Untuk pengoperasiannya, aplikasi web based bisa dijalankan pada jaringan internet maupun intranet dengan menggunakan LAN. Ciri utama pada aplikasi berbasis web ini adalah data yang terpusat pada satu server dan lebih mudah diaplikasikan di berbagai bidang, seperti perkantoran, rumah sakit, dan berbagai bidang bisnis, mulai dari retail hingga restoran.

Jenis-Jenis Aplikasi Web-Based

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/)

Setelah mengetahui apa itu aplikasi web-based, selanjutnya adalah jenis-jenis aplikasi yang banyak Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan perangkat website.

1. Web Pencarian

Web ini dikenal juga dengan sebutan Search Engine. Ketika ingin mencari informasi, Anda pasti akan mengaksesnya, seperti Google, Youtube, Naver, dan lain sebagainya. Mesin pencari ini mampu melakukan berbagai pencarian informasi dengan tepat dan akurat dari berbagai sumber.

2. Web Informasi & Berita

Bagi Anda penikmat informasi dan berita, web adalah salah satu alternatif yang dapat Anda akses menggunakan berbagai perangkat. Contoh website berita di Indonesia adalah Detik.com, CCN Indonesia, Suara.com, dan Kompas.com.

3. Web Media Sosial

Selain dari aplikasi, media sosial juga bisa diakses dengan menggunakan  website yang memiliki manfaat yang sama, yakni sarana komunikasi online. Contohnya adalah Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

4. Web Berbasis Sistem Infromasi

Aplikasi berbasis web juga bisa digunakan untuk membantu pekerjaan dan aktivitas usaha, sehingga proses pekerjaan yang dilakukan tersistem dengan baik, terpusat, dan dapat diawasi dengan optimal, yang dinamakan dengan Sistem Informasi.

Sistem Informasi sendiri terdiri dari beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis maupun perusahaan yang menggunakannya. Contohnya adalah sistem informasi koperasi, Hospital Management, Sistem Informasi Akademik, sistem akuntansi perusahaan, dan lain sebagainya.

5. Aplikasi Web Server

Aplikasi web server adalah perangkat aplikasi yang dapat menerima permintaan (request) dan juga mampu mengirim tanggapan (respon) dalam bentuk protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).

Dalam pengaplikasiannya, aplikasi web server terprogram dengan bahasa pemrograman, atau yang lebih dikenal dengan istilah back end. Jenis aplikasi web server dikembangkan oleh user yang membangun sebuah server pada website. Contoh dari jenis ini adalah Apache HTTP Web Server, Nginx, XAMPP, Apache Tomcat, Lighttpd, LAMP, WAMP, MAMP, dan masih banyak contoh yang lain lagi.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Web Based

(Sumber: https://news.detik.com/)

Aplikasi Web Based memiliki kelebihan yang jauh lebih unggul dan banyak digunakan oleh perusahaan maupun bisnis.

Lalu, apa saja kelebihan menggunakan aplikasi web based ini?

1. Keamanan yang Ketat

Banyak perusahaan dan pebisnis memilih untuk menggunakan aplikasi web based karena keamanan yang terjamin. Selain itu, pencegahan adanya bug dan kebocoran data lebih mudah dilakukan melalui aplikasi web based.

Inilah yang membuat RekaPOS berbeda dengan aplikasi POS lainnya. Keamanan data dengan RekaPOS sangat terjamin, bebas bug dan iklan, serta selalu rutin melakukan maintenance untuk memaksimalkan pengalaman pengguna menggunakan RekaPOS.

2. Lebih Mudah Digunakan dan Dicustom

Tampilan aplikasi web based lebih fleskibel dan ramah pengguna. Selain itu, aplikasi web based lebih mudah dikembangkan dan diatur fiturnya sesuai dengan kebutuhan klien.

3. Akses Informasi Jauh Lebih Mudah

Setiap pengguna yang memilki akses ke aplikasi web lebih mudah mengakses informasi dari perusahaan atau pebisnis, karena dapat diakses di berbagai perangkat, tidak peduli apakah perangkat tersebut berbasis Windows, Linux, IOS, Android, sampai Mac.

4. Akses Mudah dengan Jaringan Internet yang Stabil

Aplikasi berbasis web tidak hanya bisa diakses dengan PC atau laptop aja, namun dapat diakses di semua perangkat yang bisa tersambung dengan internet yang stabil.

Aplikasi Web Based: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Sekian ulasan mengenai aplikasi web based mengenai pengertian, jenis, dan keunggulannya. Semoga menambah referensi Anda di bidang teknologi, khususnya untuk memilih sistem dalam memudahkan operasional bisnis.

Pastikan untuk memilih partner terpercaya dan selalu menjaga keamanan data perusahaan Anda, seperti RekaPOS. Aplikasi web-based serba guna cocok untuk berbagai tipe bisnis, seperti retail, kafe, restoran, hingga toko bangunan.

Jika Anda berminat atau ingin melihat-lihat aplikasinya terlebih dahulu, silakan lakukan demo gratis di menu “request demo” pada website Rekasys.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.