Simak 5 Tips Menarik Untuk Kelola Bisnis Petshop


Bisnis Petshop bisa menjadi pilihan dalam memulai berbisnis bagi kalangan pecinta binatang. Dengan bisnis ini kita bisa menyalurkan hobi kedalam pekerjaan. Kecintaan pada hewan membuat banyak dari pemilik uang rela untuk menghabiskan rupiah mereka untuk kebutuhan hewan kesayangannya. Maka dari itu petshop merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang yang cukup besar.

Apa saja yang harus dilakukan untuk membuka atau mengelola bisnis petshop? Berikut Rekasys akan memberikan tips yang menarik tentang memulai dan mengelola Petshop.

Tentukan Model Usaha

Ilustrasi toko (sumber : jejakpiknik.com)

Tentu setiap ingin membuka suatu bisnis sangat perlu untuk membuat model usaha. Menyusun model usaha dapat menentukan tujuan dan seperti apa usaha ini ingin dijalankan. Untuk petshop, anda harus menentukan jasa dan layanan yang ingin diberikan, seperti apakah anda hanya ingin menjual kebutuhan saja atau dibarengi dengan penyediaan jasa salon anjing dan kucing.

Penentuan model usaha akan membuat anda lebih mudah untuk mengelola petshop sehingga tidak keluar jalur yang hanya membuat keuntungan berkurang.

Tidak lupa juga anda harus menentukan modal dari membangun usaha ini. Modal yang harus dipikirkan seperti biaya tempat, perlengkapan, peralatan, hingga inventoris. Semua ini dapat ditentukan ketika model usaha telah dibuat.

Memilih Produk Untuk Dijual

Ilustrasi makanan kucing (sumber : tokopedia.com)

Sebagai pecinta hewan tentu tidak ada yang ingin memberikan barang yang kurang baik kepada hewannya, maka dari itu sebagai pemilik petshop harus bisa mengetahui mana produk yang banyak disukai dan mana yang kurang peminatnya. Mengetahui hal itu dapat membantu anda dalam mengatur persediaan stok anda. Lakukanlah riset tentang produk yang akan dijual, sehingga anda juga dapat menjelaskan produk kepada pelanggan.

Memilih Karyawan yang Pecinta Hewan

Ilustrasi pecinta hewan (sumber : idntimes.com)

Memilih karyawan yang cocok dengan bisnis anda juga merupakan hal yang penting. Untuk bisnis petshop harus merekrut orang yang paling tidak mengerti tentang hewan seperti jenis dan rasny. Dengan begitu pelanggan akan nyaman berbicara dengan karyawan anda karena mereka mudah mengerti.

Memilih karyawan yang penyayang binatang juga dapat membuat karyawan bertahan lama karena mereka akan bekerja dengan senang hati.

Memasarkan Bisnis

Ilustrasi petshop (sumber : lokalsupportlokal.id)

Pemasaran juga harus dilakukan agar bisnis petshop anda lebih dikenal. Cobalah untuk memulai pemasaran digital, seperti membuat iklan yang disebarkan ke platform social media, atau bisa juga untuk mulai memasarkan secara tradisional dengan masuk kedalam komunitas-komunitas pecinta hewan agar mereka mau mencoba berkunjung ke bisnis anda.

Mempermudah Pengelolaan Dengan Aplikasi Kasir

Ilustrasi kasir (sumber : bee.id)

Untuk menunjang kesuksesan bisnis Petshop, perlu ada bantuan dari aplikasi kasir yang bisa memudahkan proses operasi. Rekasys menyediakan layanan aplikasi kasir bernama RekaPOS. Tentu banyak fitur-fitur yang dapat memudahkan bisnismu, seperti:

1. Mencatat semua transaksi

Transaksi yang dilakukan setiap hari perlu untuk dicatat jika sewaktu-waktu ada pelanggan yang ingin complain atau untuk dilakukan pencatatan akuntasi. Dengan RekaPOS pencatatan tersebut akan lebih mudah dan efektif.

2. Manajemen persediaan sesuai kebutuhan hewan

Mengelola stok akan lebih efektif dan lebih spesifik sesuai dengan apa yang dibutuhkan tiap hewannya.

3. Fitur pengingat jumlah dan kadaluarsa produk

Produk yang memiliki kadaluarsa harus selalu diperhatikan jatuh temponya untuk menjaga kelayakan produk dan kepuasan pelanggan yang menggunakannya. Fitur ini bisa mengingatkan anda tentang kapan harus membuang produk yang tidak layak.

4. Dapat mengelola cabang

Jika anda sudah memiliki cabang, pengelolaannya akan lebih mudah dengan RekaPOS, karena kami memiliki fitur yang membuat anda dapat mengelola stok dan lain-lain lewat satu device saja.

5. Membuat pencatatan keuangan lebih mudah

RekaPOS juga menyediakan fitur akuntansi yang dapat membantu anda meninjau laporang keuangan mulai dari arus kas, laba rugi, dan lain-lain, sehingga dapat lebih mudah untuk mengelola bisnis.

Tunggu apa lagi? Gunakan RekaPOS untuk memudahkan operasi bisnis Anda!

- Simak Tips Menarik Untuk Kelola Bisnis Petshop -

Kelola petshop anda dengan mudah dari tips-tips diatas. Jangan lupa untuk membagikan informasi menarik ini kepada teman dan sahabat agar tidak ada yang ketinggalan informasi menarik dari Rekasys. Semoga tulisan kami bermanfaat.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.