Pentingnya Teknik Copywriting dalam Penerapan Digital Marketing


Bagi Rekawan yang bergelut dalam Digital Marketing, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Copywriting. Bagi yang masih asing dengan istilah ini, singkatnya, Copywriting merupakan salah satu teknik penulisan dalam pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari pembacanya, seperti melakukan klik, berlangganan, memesan jasa, maupun melakukan transaksi.

Tulisan yang tertuang dalam pemasaran menjadi salah satu unsur pendukung dalam menerapkan Digital Marketing pada konten edukasi, iklan, maupun promosi pada pemasaran di internet.

Untuk membahasnya lebih lanjut, simak ulasan dari Rekasys mengenai pentingnya teknik Copywriting dalam penerapan Digital Marketing.

Sarana Komunikasi dengan Pelanggan

(Sumber Gambar : www.sekawanmedia.co.id)

Selain dengan vokal maupun video, tulisan menjadi sarana untuk menyampaikan hal dengan efektif dan informatif. Dalam penulisan Copywriting, penggunaan bahasa yang efektif sangat penting untuk menyampaikan iklan, edukasi, maupun promosi dalam waktu yang singkat, namun efektif untuk menarik pembaca.

Ketika Anda telah menggunakan copy yang tepat dan sesuai dengan brand, maka konsumen dengan sendirinya akan membaca dan mencari tahu lebih lanjut, bahkan sampai berujung melakukan pembelian maupun menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Tidak menutup kemungkinan, dengan kualitas pelayanan dan produk yang baik, Anda bisa menggaet beberapa konsumen menjadi pelanggan.

Membuat Brand “Melekat” di Pikiran Konsumen

(Sumber Gambar : www.exabytes.co.id) 

Anda pasti pernah mendengar berbagai slogan dari brand-brand ternama, contohnya Indomie dengan slogan “Seleraku...” Tolak Angin dengan slogan “Orang pintar, minum Tolak Angin”, atau Teh Botol Sosro dengan “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”. Slogan-slogan tersebut sangat melekat di kalangan masyarakat, sehingga selalu teringat ketika melihat maupun membeli produk tersebut.

Kekuatan kata-kata tersebut terlahir dari Copywriting yang kuat, unik, menarik, namun tetap menggambarkan sebuah brand hanya dengan beberapa kata saja.

Menarik Perhatian dan Menambah Informasi Brand

(Sumber Gambar : akcdn.detik.net.id)

Visual berupa foto asli produk, kemasan, serta desain pamflet promosi yang modern tentunya menjadi beberapa hal yang akan menarik perhatian konsumen. Namun, tanpa keterangan, kalimat persuasif, maupun pemaparan fitur dengan bahasa yang mudah dipahami membuat audiens juga masih bertanya-tanya dan tidak mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk.

Di sinilah peran Copywriting. Selain membuat copy yang unik, Copywriter, sebutan untuk profesi Copywriting berperan untuk memberikan informasi penting mengenai brand dengan bahasa yang efektif dan mudah dipahami.

Mempengaruhi Calon Konsumen untuk Melakukan Transaksi

(Sumber Gambar : www.paper.id)

Setelah memperoleh perhatian dari calon konsumen, tentunya Anda menginginkan terjadi penjualan di sana. Untuk mencapai hal ini, Copywriting berperan untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk maupun menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Copy yang menarik, informatif, dan persuasif akan berperan penting di tahap ini, agar semakin mendukung pengambilan keputusan konsumen untuk melakukan transaksi.

Membantu Mencapai Tujuan Bisnis

(Sumber Gambar : statik.tempo.co)

Alasan pentingnya teknik Copywriting dalam penerapan Digital Marketing adalah Copywriting menjadi media yang efektif untuk mencapai target atau tujuan bisnis.

Copywriting yang tepat dan sesuai penggunaannya, Anda bisa mendapatkan engangement yang tinggi di sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan, produk dan jasa Anda terkonversi ke penjualan, sehingga menaikan profit bisnis.

Dengan Copywriting yang kuat dan menarik, konsumen akan semakin mengenali brand Anda, tentunya dibarengi dengan benefit yang nyata terlihat, tidak hanya menjual “kata-kata” saja.

- Pentingnya Teknik Copywriting dalam Penerapan Digital Marketing -

Sekian ulasan dari Rekasys mengenai pentingnya teknik Copywriting dalam penerapan Digital Marketing. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk Rekawan, terutama yang ingin mengembangkan bisnis dengan Digital Marketing.

Jangan lupa untuk membagikan postingan ini jika bermanfaat dan pantau terus postingan website Rekasys untuk informasi mengenai bisnis dan teknologi lainnya.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.