Pentingnya Penggunaan Website untuk Usaha Kecil Menengah

Bagi beberapa pelaku usaha kecil menengah, menggunakan website tidak begitu penting, mengingat usaha yang belum besar dan masih nyaman menggunakan pemasaran konvensional atau menggapai pelanggan secara langsung. Namun perlu diketahui bahwa terdapat banyak manfaat yang sangat efektif dengan menggunakan website untuk UKM.

 

Berikut Rekasys akan membagikan beberapa manfaat dalam menggunakan website untuk UKM anda.

 

Lebih Efisien

Ilustrasi belanja menggunakan website (sumber : telegraph.co.uk)

Tanpa disadari banyak efisiensi yang diberikan dari penggunaan website. Seperti biaya operasional yang ditekan, dengan kata lain pengeluaran biaya akan semakin sedikit, contohnya seperti penghematan biaya cetak brosur, katalog, dan periklanan lainnya. Efisiensinya juga bisa dirasakan oleh pelanggan, di mana pelanggan tidak perlu jauh-jauh datang ke gerai untuk melihat produk apa yang ditawarkan, melainkan dapat mengunjungi website dan bisa langsung membelinya di tempat.

 

Meluasnya Jangkauan Pasar

Ilustrasi jangkauan pasar (sumber : marketplaceplatform.com)

Jangkauan dari pelanggan bisa bertambah luas dengan penggunaan website. Yang sebelumnya pelanggan hanya bisa terjangkau di sekitar area gerai kini bisa menjadi makin luas bahkan bisa mencapai luar kota dengan website. Penggunaan website memungkinkan pelanggan menjangkau usaha anda meski tidak berada dekat dengan pusat usaha anda. Dengan begitu, pelanggan akan semakin bertambah dari berbagai penjuru dengan bertambah luasnya jangkauan.

 

Penyajian Informasi dengan Lengkap

Ilustrasi belanja menggunakan website (sumber : coxblue.com)

Bisa saja banyak dari pelanggan anda salah tangkap dengan penjelasan produk tentang produk anda. Hal ini tentu berbahaya jika adanya pelanggan yang salah paham dan mulai memberikan penilaian yang buruk dan complain terhadap usaha anda.

Website bisa menjadi tempat penyajian informasi yang sangat lengkap seputar usaha. Dengan informasi produk yang lengkap, kesalah pahaman di atas dapat terhindar. Terkadang sulit untuk menjelaskan produk dengan jelas, apa lagi hanya dengan menjelaskan satu kali terhadap pelanggan yang tentunya bisa saja tidak didengarkan dengan baik atau lupa dengan apa yang dijelaskan.

Maka dari itu, dengan ketersediaan informasi pada website bisa menjelaskan lebih lanjut kepada pelanggan. Tidak hanya informasi tentang produk saja tetapi bisa tentang usaha anda agar bisa meningkatkan brand awareness.

 

24 Jam Terhubung dengan Pelanggan

Ilustrasi belanja menggunakan website (sumber : liputan6.com)

Website tidak memiliki batas waktu untuk diakses, dengan kata lain pelanggan dapat mengunjungi website untuk melihat informasi produk, jenis-jenis produk, hingga berbelanja, kapan pun dan dimana pun secara tidak terbatas.

Promosi juga tidak akan susah untuk dipasarkan. Pelanggan bisa langsung mengetahui jika ada promo atau produk baru yang diluncurkan lewat pop up yang bisa muncul sesaat setelah membuka situs website.

 

Kredibilitas Meningkat

Ilustrasi kepercayaan dalam membeli produk (sumber : liputan6.com)

Penggunaan website bisa menjamin pendangan yang baik dari calon pelanggan. Kebanyakan orang pada zaman sekarang menggunakan internet untuk segala hal, termasuk dalam mencari produk atau brand yang ingin digunakan. Dengan adanya usaha anda di internet akan membuat pandangan bahwa usaha anda benar-benar serius tidak main-main untuk dijalankan, sehingga dengan begitu mudah untuk calon pelanggan mempercayakan produk dan usaha anda.

Pentingnya Penggunaan Website untuk Usaha Kecil Menengah

 

Sudah saatnya untuk menggunakan website pada UKM anda, tidak hanya efisiensi saja yang diberikan namun masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapat, jadi jangat takut untuk mulai menggunakan website.

Jika Anda berminat untuk segera menggunakan website, Digital Marketing Management Rekasys siap membantu untuk membuat serta memelihara website bisnis Anda. Bersama tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk website Anda menjadi lebih baik lagi.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat anda agar tidak ada lagi yang ketinggalan berita.

 Tags :
Bagikan :    
TENTANG PENULIS