Pentingnya Menjaga Keamanan Data Bisnis di Era Digital

Perkembangan dan rawannya keamanan data di dunia digital dari masa ke masa, menjadikan informasi dan data sebagai alat vital dari perusahaan, untuk memperoleh keuntungan yang berlipat. Dengan data yang tepat, perusahaan mampu menyusun strategi serta membuat keputusan atas apa yang perlu dilakukan untuk kedepannya.

Mengingat betapa pentingnya data, menjadi tantangan bagi pebisnis dalam menjaga keamanan data perusahaan, seperti data konsumen, laporan keuangan, laporan kinerja karyawan, dan data lainnya yang bahkan bersifat sangat rahasia.

Pada artikel ini, Rekasys akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya menjaga keamanan data bisnis di era digital.

Pentingnya Menjaga Keamanan Data

(Sumber Gambar : img.okezone.com)

1.   Menjaga Privasi Konsumen

Menjaga keamanan data konsumen merupakan sebuah kewajiban bagi suatu bisnis. Setiap informasi yang diberikan oleh konsumen, seperti mengisi survei, form registrasi, dan lain sebagainya harus dijaga dengan baik dan jangan sampai bocor. Karena tidak menutup kemungkinan data tersebut akan digunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan mereka sendiri.

Suatu bisnis yang sangat menjaga privasi dan keamanan data konsumen akan mendapatkan trust dari konsumen serta citra & brand image yang baik di mata masyarakat. Hal ini tentu saja akan berbanding lurus dengan keuntungan bisnis hingga pandangan investor pada bisnis Anda.

2.   Mencegah Tindakan Melanggar Hukum dan Pencurian Data

Pentingnya menjaga keamanan data selanjutnya adalah untuk mencegah tindakan pencurian dan peretasan data. Dilaporkan dalam kurun waktu 4 tahun belakangan (2018-2022), dilaporkan skitar 12,8 miliar data telah dicuri maupun diretas.

Kasus peretasan data di perusahaan sempat marak di tanah air terjadi di e-commerce terbesar di Indonesia. Hal tersebut bisa diantisipasi apabila perusahaan tersebut memiliki sistem keamanan data digital yang mumpuni dan selalu dipantau kinerja SDMnya.

3.   Menjaga Reputasi Perusahaan

Alasan terakhir mengapa Anda perlu memberikan perlindungan yang optimal terhadap data perusahaan adalah menjaga reputasi perusahaan. Hal ini juga secara tidak langsung akan menambah customer experience yang positif serta meningkatkan kepercayaan konsumen.

Ketika konsumen konsumen mendapatkan jaminan keamanan dari perusahaan atau bisnis Anda, maka mereka akan merasa tenang, nyaman, dan loyal pada bisnis maupun perusahaan Anda.

Beberapa alasan ini cukup memberikan gambaran mengenai pentingnya sebuah perusahaan mengupayakan yang terbaik untuk melindungi data perusahaan maupun data konsumen. Berikut kami bagikan beberapa tips untuk melindungi data dengan aman.

Tips untuk Melindungi Keamanan Data

(Sumber Gambar : ekrutassets.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com)

4.   Selalu Update dan Lakukan Backup Data

Langkah awal untuk menjaga keamaan data adalah selalu update mengenai pembaruan data dan jangan lupa untuk melakukan back up. Anda bisa melakukan back up secara otomatis maupun manual.

Untuk back up online, Anda bisa memanfaatkan Google Drive maupun Cloud. Anda bisa memilih dengan menyesuaikan kapasitas dan kebutuhan perusahaan. Back up bisa dilakukan secara berkala, baik dalam jangka waktu harian, mingguan, bulan, atau tahunan.

Back up manual bisa Anda lakukan dengan menyediakan ruangan atau tempat khusus dengan keamanan menggunakan sidik jari, pindai wajah, maupun retina mata untuk keamanan ektra pada dokumen-dokumen fisik.

5.   Terapkan Metode Enkripsi

Untuk memaksimalkan keamanan data bagi konsumen dan perusahaan, sebaiknya Anda menggunakan metode ekripsi, yakni upaya untuk pengamanan data dengan menggunakan sandi khusus.

Anda bisa menggunakan enkripsi file dengan USB, DVD, email, dan sebagainya. Bisa juga dengan enkripsi folder, yakni enkripsi file dalam jumlah folder berisi file yang dilindungi log in enkripsi. Pilihan lainnya yaitu enkripsi full disk dengan hard drive dan shredder untuk menghapus data rahasia secara permanen.

6.   SDM yang Mampu Menjaga Rahasia

Setiap karyawan yang bekerja dalam perusahaan memilki akses terhadap data konsumen. Berikan peraturan dalam kontrak yang menyatakan bahwa setiap orang yang bekerja di perusahaan Anda harus menjaga kerahasiaan data dan tidak membocorkannya pada pihak manapun.

Dengan kontrak ini, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu karyawan tersebut keluar dari perusahaan, karena Anda masih mengikatnya dengan kontrak perjanjian yang ada.

7.   Menggunakan Sistem dengan Fitur Keamanan Terbaik

Semakin maju teknologi, maka semakin canggih pula teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan beberapa sektor, terutama pada sektor bisnis. Anda bisa memanfaatkan aplikasi maupun sistem dengan teknologi mutakhir untuk menjaga keamanan data lebih maksimal.

 

 

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Bisnis di Era Digital

 

Sekian ulasan mengenai pentingnya menjaga keamanan data bisnis di era digital. Sebagai pengusaha pada suatu bisnis maupun perusahaan, tentunya Anda akan mempertimbangkan keamanan data konsumen maupun data bisnis yang ada.

Untuk itu, Rekasys menghadirkan RekaPOS, yakni aplikasi Point of Sales untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis, seperti mencatat laporan keuangan, laporan laba rugi, laporan kinerja karyawan, dan 12+ jenis laporan lainnya. Anda juga bisa mengelola pelanggan dengan fitur Customer Relationship Management (CRM) untuk menjaga hubungan bisnis Anda dengan pelanggan.

Selain itu, RekaPOS merupakan aplikasi berbasis web yang bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tidak hanya menyediakan sistem, Customer Service dan teknisi RekaPOS merupakan tenaga yang ahli di bidangnya serta menjunjung tinggi profesional, siap melayani Anda, sehingga lebih nyaman lagi menggunakan RekaPOS.

Jika Anda berminat, kami tunggu kerja sama bersama Anda di nomor Whatsapp 0823-4765-6131 atau jika ingin melakukan request demo terlebih dahulu, bisa langsung dari website kami di menu “Coba Gratis”.

 

 

TENTANG PENULIS