Mengulik Kisah Sukses Pendiri Wendys Fast food, Dave Thomas


Siapa yang belum pernah mendengar Wendy’s Fastfood, restoran cepat saji ini pertama kali dibuka pada tanggal 15 November 1969, yang bertepatan di Columbus, Ohio. Wendy’s sudah berdiri selama kurang lebih 50 tahun dengan franchise yang sudah tersebar diberbagai penjuru dunia. Kesuksesan Wendy’s menjadi restoran internasional berasal dari visi pendirinya, Dave Thomas yang ingin membantu orang lain menjadi sukses dengan memiliki franchise Wendy’s.

Sebagai pendiri restoran cepat saji yang mendunia, bagaimanakah Dave Thomas dapat meraih kesuksesannya?

Latar Belakang

(Sumber Gambar : historybyday.com)

Semua ini dimulai dari impian Dave kecil berusia 8 tahun yang berkeinginan memiliki restoran terhebat di dunia. Dia adalah seorang anak yang diadopsi oleh sebuah pasangan bernama  Rex dan Auleva saat berusia 6 tahun.  Ia tidak pernah mengenal ibu biologisnya. Setelah ibu tirinya meninggal, Dave tinggal bersama neneknya di Michigan, disana ia selalu dididik oleh neneknya untuk selalu menjadi orang yang bersikap jujur dan rendah hati dalam menjalani hidup, didikan itu yang selalu dibawa dan diingat Dave semasa hidupnya.

Saat berusia 15 tahun, Dave memutuskan untuk berhenti sekolah dan fokus untuk mencari uang, dimana ia mulai bekerja secara full time disebuah restoran bernama Hobby House yang berlokasi di Fort Wayne. Tindakannya untuk berhenti sekolah menjadi penyesalannya tersendiri, meski jalan tersebut membawanya pada kesuksesan.

Karir Dave Thomas

(Sumber Gambar : finansialku.com)

Dave Thomas melanjutkan karirnya dengan mengikuti militer. Pada tahun 1950, terjadi perang yang bertepatan di Korea. Pada saat itu Dave mengajukan diri dalam perang tersebut sebagai produksi dan layanan makanan karena latar belakangnya yang sudah bekerja dibidang makanan. Berkat kerjanya ia akhirnya dipromosikan menjadi sersan staf, namun dia memutuskan untuk keluar dari dunia militer pada tahun 1953. Setelah keluar dia memutuskan untuk bekerja Kembali di Hobby House.

Fakta menariknya, Dave Thomas pernah bekerja di KFC. Pada tahun 1950 Kolonel Harland Sanders ingin membuka franchise di kota tempat Dave berasal. Pendiri KFC ini sangat ingin mencari pemilik restoran yang terkemuka untuk membeli franchise KFC miliknya. Tawaran tersebut diajukannya kepada Dave, namun ia sempat menelok sebelum akhirnya menerima tawaran tersebut dan memberitahukannya kepada Hobby House.

Pada awal berdirinya franchise KFC yang mereka kelola, hasilnya tidak begitu memuaskan, namun Dave tidak mau berhenti disitu, ia terus memberikan ide-ide menarik yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan dari KFC. Melihat keterampilannya, Dave Thomas akhirnya diandalkan oleh KFC untuk mengambil peran dalam pengembangan KFC di kota lain.

Terbentuknya Wendy's

(Sumber Gambar : globalnews.ca)

Dengan banyaknya pengalaman yang ia punya, Dave Thomas pun memberanikan diri untuk membuka restoran cepat sajinya sendiri bernama Wendy’s yang kita kenal hingga sekarang. Nama itu diambil dari nama putri bungsunya. Ia membangun restoran ini dengan mengedepankan layanan dan kesegaran makanan yang disajikan oleh orang yang tepat. Tentu awal dari dibukannya restoran ini tidak berjalan dengan mulus, namun berkat kegigihannya ia terus mencari ide agar restorannya dapat lebih dikenal oleh orang-orang. Ia mulai muncul diberbagai iklan Wendy’s sehingga banyak yang mulai mengenalnya dikalangan penonton Amerika pada saat itu. Menjadi nilai tambah, akhirnya banyak orang sudah mulai mengenal tentang keberadaan restorannya tersebut yang akhirnya menempatkan Wendy’s sebagai restoran terpopuler ke-3 di Amerika.

Setelah melewati perjalanan yang panjang Dave Thomas menutup usianya pada tanggal 8 janari 2002 karena penyakit kangker yang idap. Berkat kerja keras ia meninggalkan dunia dengan memiliki 6.650 cabang pada saat itu.


Mengulik Kisah Sukses Pendiri Wendy’s Fast food, Dave Thomas


Bagaimana dengan kisah menarik dari Dave Thomas diatas? Banyak sekali yang bisa dipelajari dari pengalamannya dan kegigihannya dalam terus berpetualang didunia yang ia sukai. Semoga informasi diatas dapat menginspirasi perjalanan bisnismu. Jangan lupa untuk membagikan kisah menarik ini pada teman atau sahabat.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.