Mengenal Stok Opname dan Kegunaannya untuk Bisnis


Stok produk merupakan hal yang penting dalam usaha dagang. Merupakan suatu kewajiban dalam mengatur stok produk agar tidak ada kerugian yang dapat ditimbulkan. Melakukan stock opname merupakan unsur penting dalam mengatur persediaan barang, dengan begitu anda dapat mengetahui bagaimana alur barang diproduksi dan dijual pada usaha anda dan dapat mengaturnya sendiri.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai stok opname serta kegunaannya. Rekasys akan membagikan informasi-informasi tersebut.

Pengertian Stok Opname

Ilustrasi stock opname (Sumber : futuready.com)

Stok opname merupakan kegiatan menghitung stok barang yang akan dijual. Kegiatan ini tidak hanya digunakan untuk bisnis retail saja, melainkan bisa untuk berbagai macam usaha dagang selama masih berhubungan dengan barang.

Kegiatan ini harus dilakukan dengan sangat teliti. Jika ada kesalahan yang terjadi dalam menghitung persediaan seperti terdapat perbedaan antara perhitungan dan data yang tersimpan akan menyebabkan kerugian bagi bisnis anda. Karena kesalahan yang tidak bisa diperbuat, banyak dari perusahaan yang membuat kebijakan bagi karyawannya yang bertugas mengurus stok opname. Biasanya jika ada kesalahan seperti adanya ketidak samaan antara stok produk dan data yang tercatat maka karyawan diharuskan mengganti nominal kerugian tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi resiko kesalahan pada stok opname? Anda bisa mencoba teknologi yang dapat mempermudah stok opname, seperti menggunakan barcode untuk setiap barang agar terhindar dari kesalahan dalam menghitung.

Jenis-jenis Stok Opname

Ilustrasi stok barang  (Sumber : jojonomic.com)

Ada tiga jenis stok opname yang bisa diterapkan pada bisnis anda.

1. Daily Stock Taking

Dalam daily stok taking, penghitungan stok dilakukan setiap hari untuk memastikan apakah jumlah stok sudah akurat. Dilakukannya setiap hari membuat data yang dihasilkan bersifat actual dan kerugian menjadi lebih sedikit. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh bisnis ritel dengan skala kecil seperti mini market, took kelontong, dan lain-lain, dikarenakan setiap hari selalu terjadi transaksi dan barang yang dijual memiliki waktu kadaluarsa. Penghitungan biasanya dilakukan setelah toko tutup.

2. Mannual Stok Taking

Pada jenis ini, stok dihitung setiap setahun sekali. Penghitungan ini lebih cocok digunakan pada bisnis yang memiliki barang dengan ketahanan yang lama seperti bisnis toko bangunan. Hasil dari stok opname ini bisa digunakan sebagai evaluasi untuk tahun berikutnya.

3. Periodic Stok Taking

Seperti Namanya, penghitungan stok dilakukan secara berkala seperti mengikuti perhitungan kuartal setiap tiga sampai empat bulan sekali. Jenis ini cocok digunakan untuk bisnis kecil yang dimana tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menyelesaikannya.

Kegunaan Stok Opname

Ilustrasi pantau stok barang (Sumber : paper..id)

Adapun beberapa kegunaan stok opname yang sangat bermanfaat bagi bisnis anda, yakni:

1. Meminimalisir kesalahan dalam melakukan restok

Dengan adanya stok opname, kesalahan dalam merestok produk akan terhindarkan. Pasalnya untuk melakukan restok harus memiliki angka stok yang pasti sehingga tidak adanya penambahan stok ketika masih terdapat banyak persediaanya.

2. Mengetahui kehilangan dan kekurangan barang

Kehilangan barang juga dapat diketahui dari penghitungan stok. Karena dilakukannya penghitungan stok secara berkala, kehilanganpun dapat terdeteksi. Stok opname juga bisa mempersiapkan stok, ketika proses restok terhambat, seperti supplier yang belum bisa menyiapkan barang dalam waktu yang sudah diperkirakan.

3. Mengetahui persediaan yang tersimpan

Karena dilakukannya penghitungan stok secara berkala, maka anda dapat mengetahui keadaan persediaan barang and. Hal ini dapat membantu untuk menata Kembali persediaan, seperti membuang barang yang tidak layak dan mengganti kerusakan yang ada.

Kegiatan stok opname merupakan kegiatan yang wajib untuk dilakukan. Terlepas dari kerumitan stok opname, anda bisa untuk menggunakan aplikasi kasir yang bisa membantu untuk mengatur inventaris dengan efektif, seperti mulai berlangganan RekaPOS. Dengan fitur inventarisnya, anda bisa untuk mengatur persediaan dengan mudah sekaligus mengecek dan mengatur kembali persediaan stok anda. Fitur-fitur lain juga bisa memberi tahu anda kapan harus merestok barang sehingga proses tersebut tidak terlewatkan.

- Mengenal Stok Opname dan Kegunaannya untuk Bisnis -

Bagi pemilik bisnis harus melakukan stok opname agar bisnis anda dapat berjalan lancar dan terhindar dari kerugian. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar tidak ada lagi yang terlewatkan informasi penting di website kami.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.