Mengenal CRM dan Keuntungannya untuk Kelola Pelanggan

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya ingin menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan teknologi yang ada, yakni sistem CRM. Namun, sebelum membahas lebih lanjut, berikut kami paparkan pengertian serta manfaat penggunaan CRM untuk bisnis dan pelanggan.

Apa Itu CRM dan Sistem CRM?

Sumber: https://www.jojonomic.com/

CRM atau singkatan dari Customer Relationship Management adalah kumpulan strategi, aktivitas, serta teknologi yang digunakan oleh perusahaan yang bertujuan untuk mengelola interaksi relasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Berangkat dari istilah CRM, muncullah Sistem CRM, yakni alat bantu untuk mengelola kontak, penjualan, alur kerja, hingga produktivitas perusahaan yang berkaitan dengan pelanngan. CRM menyediakan sistem pengumpulan data yang membantu bisnis dalam mengidektifikasi dan berkomunikasi dengan konsumen secara lebih terukur.

Melalui sistem CRM, perusahaan memiliki cara yang lebih baik untuk memahami pelanggan, sehingga mampu lebih tanggap dalam merespon kebutuhan pelanggan. Tidak hanya bagi bisnis dan pelanggan, CRM juga bisa diintegrasikan ke dalam dinamika dalam bisnis, mulai dari marketing, HR, hingga pemasok (supplier).

Pentingnya CRM untuk Bisnis

Sumber: https://www.liputan6.com/

Menerapkan sistem CRM dalam bisnis memudahkan pebisnis untuk selalu up to date dan lebih selektif mengelola informasi mengenai kebutuhan pelanggan. Menggunakan sistem CRM memberikan gambaran lebih jelas mengenai informasi konsumen dalam satu platform.

Informasi mulai dari media sosial mengenai preferensi ketertarikan, apa saja yang sering dibagikan, hingga tren riwayat pembelian konsumen. Dengan demikian, perusahaan mampu memastikan serta mengantisipasi kebutuhan pelanggan tersebut terpenuhi.

Basis data yang terpusat pada satu sistem juga memudahkan pebisnis untuk mengorganisir data untuk pemasaran (marketing), analisis bisnis, serta data konsumen. Penyusunan beberapa aspek tersebut jadi lebih efisien dan otomatis.

Manfaat CRM untuk Bisnis dan Pelanggan

Setelah membaca pentingnya CRM untuk bisnis, mari kita bahas bagaimana CRM sangat bermanfaat untuk bisnis pada pelanggan.

Sumber: https://entrepreneurcamp.id/

Meningkatkan Kualitas Produk dan Jasa yang Ditawarkan

Kemampuan sistem CRM dalam mengumpulkan informasi pelanggan memungkinkan sebuah bisnis untuk lebih meningkatkan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan dengan melihat insight serta kebutuhan pelanggan.

Dengan demikian, tim pemasaran akan memperbaiki penawaran yang diberikan, tim customer service akan lebih mudah menyelesaikan persoalan yang dikelihkan, serta mengidentifikasi ekspektasi dan persepsi konsumen dengan produk atau saja yang ditawarkan.

Mengidentifikasi serta Mengelompokkan Calon Konsumen

Manfaat CRM yang sudah jelas terlihat adalah membantu bisnis dalam mengidentifikasi calon konsumen dengan terukur, cepat namun juga mudah. Pengelompokkan konsumen menggunakan CRM pun lebih akurat.

Dengan informasi yang lengkap, akurat, dan terpusat pada kebutuhan pelanggan, akan semakin mudah meingkatkan kinerja tim marketing dan sales dalam menggaet pelanggan.

Rekomendasi dari Satu Pelanggan ke Calon Pelanggan

Bisnis yang sangat memahami serta jeli melihat peluang akan lebih mudah memperoleh konsumen baru hasil rekomendasi dari pelanggan setia. Kepuasan dari para pelanggan setia ini akan menjaga level kepuasan pelanggan tetap stabil, karena konsumen yang merasa puas, cenderung akan kembali lagi untuk berbelanja produk maupun menggunakan jasa dari bisnismu.

Meningkatkan Profit Penjualan

Menjaga kualitas produk dan jasa, naiknya kepuasan pelanggan serta strategi penawaran yang terukur tidak akan berlabuh pada kerugian dan menurunnya kualitas. Pastinya, pendapatan juga akan bertambah.

Sebagai pemilik usaha, Anda akan lebih jeli mengambil keputusan yang harus diambil selanjutnya demi kemajuan dan kestabilan bisnis.

Mengenal CRM dan Keuntungannya untuk Kelola Pelanggan

Sekian ulasan mengenai pengertian serta manfaat dari sistem CRM untuk bisnis dan pelanggan. Sistem CRM memudahkan anda untuk mengelola bisnis dan pelanggan sekaligus dalam satu aplikasi saja.

Kabar baiknya, sistem CRM telah tersedia di RekaPOS. Dengan tampilan serta fitur yang mudah digunakan, semakin mudah bagi pemilik bisnis hingga tim-tim lainnya dalam bisnis untuk menggunakan CRM.

Jika Anda tertarik menggunakannya untuk mengembangkan bisnis atau ingin mencari tahu lebih lanjut kegunaannya, dengan senang hati kami melayani Anda melalui WhatsApp di nomor +62 823-4765-6131. Anda juga bisa melakukan request demo dengan meng-klik menu “request demo” di website Rekasys.

Ingin lebih banyak informasi mengenai bisnis dan teknologi? Pantau terus website Rekasys, follo kami di Instagram @rekasys.id, Facebook dan Linked In Rekasys Indonesia &Twitter @rekasys_id.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.