Manfaat Mendigitalisasi Bisnis Bengkel

Dijaman sekarang, digitalisasi tidak hanya dilakukan oleh bisnis tertentu, namun hampir semua bisnis sudah dapat melakukan digitalisasikan termasuk bengkel. Bukan hal yang tidak mungkin untuk mengelola bisnis bengkel dengan efektif menggunakan aplikasi. Mungkin masih sedikit membingunkan terutama bagi anda yang memiliki bisnis bengkel, tentang apa saja manfaat dari mendigitalisasikan bisnis bengkel.

Dalam artikel kali ini, Rekasys akan membagikan apa saja manfaat dari mendigitalisasikan bisnis bengkel.

 

Transaksi Tercatat

Ilustrasi bengkel (sumber : tractionnews.com)

Proses transaksi di bengkel akan semakin mudah dan efektif. Pada aplikasi kasir, pencatatan transaksi dapat dilakukan dengan mudah sehingga antrian yang panjang akan terhindar apalagi ketika bengkel sedang dalam keadaan ramai. Transaksi yang terjatat dengan baik akan sangat berguna untuk kedepannya, juga dengan disimpan secara digital maka data tersebut akan aman dan tidak mudah tercecer.

 

Mencatat Customer Journey

Ilustrasi transaksi dibengkel (sumber : istockphoto.com)

Bengkel sering kali mendapat pelanggan setia karena kebanyakan orang memiliki bengkel favorit mereka sendiri sehingga kunjungannya akan lebih sering ke bengkel itu saja. Untuk memaksimalkannya, Anda perlu mengingat pelanggan setia tersebut. Dengan mendigitalisasikan bengkel, kunjungan pelanggan akan tercatat sehingga ketika pelanggan tersebut datang kembali, anda dapat mengenalinya serta mengetahui kebiasaan apa saja yang mereka sering lakukan dibengkel anda.

Customer journey ini juga dapat mengingatkan anda tentang pelayanan apa yang harus didapatkan pelanggan tersebut atau kondisi tertentu apa yang dimiliki kendaraan pelanggan tersebut.

 

Stok Produk Teratur

Ilustrasi produk bengkel (sumber : autogeek.net)

Bisnis bengkel tentu harus memiliki stok yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Mengatur inventoris dengan aplikasi akan mempermudah proses restok. Semisal ada stok yang sudah menipis contoh oli, ban, spareparts aplikasi dapat mengingatkan untuk mengisi ulang stok yang sudah sedikit. Dengan aplikasi juga data supplier akan tercatat, seperti siapa supplier dari barang tersebut dan mencatat berapa harga belinya.

 

Mengatur Diskon

Ilustrasi mengganti oli (sumber : unsplash.com)

Karena adanya pencatatan dari data pelanggan maka akan mudah untuk memberikan diskon untuk pelanggan. Pemberian diskon juga bisa dilihat dari kebiasaan pelanggan atau apa yang disukai pelanggan sehingga dapat menentukan diskon yang cocok, yang dapat diminati banyak orang. Dengan begitu tingkat kedatangan pelanggan akan bertambah dan bengkel akan semakin dikenal.

 

Mengatur Karyawan

Ilustrasi karyawan bengkel (sumber : lifepal.co.id)

Aplikasi juga bisa mengatur karyawan, mulai dari gaji, bonus, kehadiran, hingga cuti. Semua data karyawan dapat tercatat dan tersimpan dalam aplikasi sehingga mengaturnya akan lebih efektif. Penentuan gaji juga bisa dilakukan dengan melihat kinerja dan kehadirannya, semisal tidak melakukan kerja dengan baik seperti sering terlambat datang atau sering tidak masuk kerja bisa dikenakan potongan gaji.

 

Manfaat Mendigitalisasi Bisnis Bengkel

 

Untuk merasakan semua manfaat diatas pada bisnis bengkel anda, Rekasys menyediakan aplikasi kasir bernama RekaPOS. Fitur-fitur yang kami miliki dapat memberikan anda manfaat seperti diatas bahkan lebih seperti fitur CRM, HRM, Akuntansi, transaksi, inventoris, dan masih banyak lagi. Langsung hubungi kami melewati Live Chat yang ada di website kami atau langsung hubungi (0431 7191129)

Dengan bacaan diatas kini bisnis bengkel akan terasa mudah dengan menggunakan aplikasi. Ayo tunggu apalagi untuk mulai berlangganan. Jangan lupa untuk membagikan bacaan ini kepada teman dan kerabat agar tidak ada yang ketinggalan berita menarik lainnya.

TENTANG PENULIS