Lakukan 3 Hal Ini Agar Tidak Kehilangan Pelanggan Setia


Dalam menjalankan sebuah bisnis, banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah memikirkan jenis produk atau jasa yang akan ditawarkan, ketersediaan modal, jika kamu baru pertama kalinya membuka usaha, pembukuan yang jelas, tempat untuk membuka usaha, pemberian promosi, dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan untuk memberikan kepuasan tersendiri di hati pelanggan yang akan dijumpai.

Untuk yang sudah lama menjalankan bisnis apalagi yang sudah memiliki banyak pelanggan. Dari banyaknya pelanggan yang kemudian membeli maupun menggunakan jasa yang kamu tawarkan, tentunya kamu ingin agar mereka kembali lagi atau sebutannya menjadi pelanggan yang setia.

Memiliki pelanggan yang setia mendatangkan keuntungan tersendiri untuk usahamu, lho. Beberapa diantaranya adalah kamu tidak lagi kesulitan untuk menarik pelanggan yang baru, karena dengan sendirinya, mereka akan kembali menjadi konsumenmu. Ada juga keuntungan tidak terduga lainnya ketika kamu mempertahankan pelanggan untuk menjadi konsumen tetapmu

Lalu, bagaimana sih cara agar memiliki pelanggan setia? Simak 3 tips sederhana ini!

1. Jangan Lupa Sampaikan ‘Terima Kasih’

Yang pertama adalah jangan sampai lupa untuk selalu mengucapkan ‘terima kasih’ setelah pelanggan baru saja membeli produkmu. Sampaikan juga setelah melakukan instalasi maupun briefing, jika usahamu berupa penyedia jasa.

Ucapan ‘terima kasih’ mengisyaratkan bahwa kamu menghargai pelanggan tersebut yang sudah memutuskan untuk menjadi salah satu konsumenmu. Selain itu, hal sederhana ini memberikan kesan yang baik bagi mereka, karena tidak jarang pelangganmu pasti bertemu produsen yang kasar dan tidak ramah pada pelanggannya. Ini bisa menaikkan value untuk bisnismu di mata mereka.

Caranya adalah bisa melalui ucapan langsung, e-mail kartu ucapan, maupun stiker. Jangan lupa untuk di desain semenarik mungkin dan jelas menunjukkan brand produkmu. Bisa juga cantumkan beberapa informasi, seperti sosial media, website, maupun kontak yang bisa dihubungi untuk pemesanan atau maintanence lebih lanjut.

2. Tanyakan Pendapat Pelanggan

Para pebisnis pasti tahu bahwa pengalaman serta kepuasan pelanggan penting untuk menjadi bahan evaluasi untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas produk

Setelah mereka membeli produk maupun menggunakan kamu harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai pengalaman pelanggan dengan menanyakan pendapat maupun pengalaman mereka setelah menggunakan produk maupun jasa kamu.

Kamu bisa menanyakan pertanyaan, seperti “bagaimana kak kulitnya setelah menggunakan skincare dari brand kami?’ atau bisa dengan “apakah kamu suka minuman terbaru kami?”, dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya, tinggal disesuaikan saja dengan bisnismu.

Dengan menanyakan pengalaman maupun pendapat pelanggan, kamu membuktikan bahwa bisnismu sangat memperhatikan kepuasan pelanggan. Jika ada keluhan, jadikan itu sebagai evaluasi produkmu untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

3. Berikan Voucher atau Garansi

Tips yang terakhir yang paling banyak digemari oleh para pelanggan, yakni dengan memberikan voucher promosi dan garansi atas produk maupun jasa yang ditawarkan.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan hari-hari besar, seperti Hari Pahlawan, Hari Konsumen, hari anniversary usahamu, dan lain sebagainya agar promosinya tidak monoton dan tentunya menarik para pelanggan.

Hal ini mendatangkan keuntungan, yakni produkmu akan dikenal memiliki banyak keuntungan di mata pelanggan. Bisa jadi akan direkomendasikan pada orang-orang terdekat atau bahkan rekan bisnis mereka. Dapat promosi gratis, deh!

Sekian informasi dari kami, yakni 3 hal yang bisa kamu lakukan agar tidak kehilangan pelanggan setia. Ketiga tips ini terinspirasi dari After Sales, yakni metode yang digunakan untuk menjaga hubungan baik antara produsen dan konsumen setelah pembelian produk berupa barang atau jasa.

Semoga bermanfaat dan nantikan informasi menarik seputar bisnis dan teknologi lainnya. Sampai jumpa!

TENTANG PENULIS