Kumpulan Strategi Marketing Unik dari Brand-Brand Terkenal

Dalam melakukan pemasaran, Anda memerlukan strategi agar tujuan dari pemasaran yang diinginkan tercapai. Beberapa strategi pemasaran yang tak biasa ini berhasil menaikkan profit perusahaan, bahkan sampai mempertahankannya.

Berikut adalah kumpulan brand terkenal yang menerapkan strategi marketing unik bisa menjadi inspirasi untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Rotiboy

Pernahkah Rekawan melewati toko roti atau makanan manis lainnya dan bau khas adonan manis  tercium di hidung Anda? Atau ketika memasuki toko, lalu disambut oleh sapaan khas oleh para pegawainya? Inilah yang dinamakan strategi sensory marketing, yang bertujuan untuk meningkatkan brand recognition melalui sensori atau indera.

Strategi ini digunakan oleh toko roti Rotiboy melalui aroma khas yang ditangkap oleh hidung pengunjung saat membeli maupun melewati toko rotinya. Strategi ini berhasil dipertahankan dan ampuh untuk memberikan kesan pada pelanggan akan aroma khas roti segar yang mereka sajikan.

Untuk Anda pemilik usaha di bidang yang sama, strategi ini patut dicontoh.

Coca Cola

Melalui kampanye Share-a-Coke, Coca-Cola membuat para pelanggannya merasa spesial dan unik dalam kampanye ini. Hal yang dilakukan dalam kampanye ini sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan, yakni dengan menuliskan nama-nama pelanggan di kemasan kaleng Coca Cola.  

Terasa spesial dan menyentuh secara personal, bukan? Strategi marketing ini sukses dibuat Coca Cola yang bertujuan untuk membangun interaksi secara emosional dengan pelanggannya.

Nike

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan, patut mencontoh strategi pemasaran unik ala Nike yang satu ini dengan memanfaatkan teknologi digital.

Melalui akun Twitter @NikeSupport, Nike menerapkan strategi layanan pelanggan dan promosi  secara interaktif, menyenangkan, dan bersahabat. Admin sosial media akun ini juga sangat cepat dalam merespon pertanyaan maupun pernyataan para kustomernya.

Hal ini bertujuan untuk membangun interaksi positif antara konsumen dan brand yang berhasil diterapkan oleh Nike. Tidak hanya itu, Nike juga memiliki akun @NikeStore yang berfungsi untuk memasarkan dan melakukan promosi pada produk. Tujuannya adalah agar akun memiliki fokus masing-masing dan lebih optimal melakukan promosi maupun pelayanan.

Apple

Pernah mendengar istilah Umbrella Branding? Strategi marketing yang digunakan oleh Apple ini bertujuan agar produk yang baru diluncurkan dapat dikenal dengan baik dengan memanfaatkan nama brand yang sudah terkenal.

Dari yang awalnya meluncurkan MacBook, Apple kemudian berkembbang dan meluncurkan beberapa produk lainnya. Sebut saja iPhone, iPad, AirPods, hingga Apple Watch yang meraih sukses yang sama dengan produk-produk terdahulunya.

Indomaret

“Selamat Datang di Indomaret, Selamat Belanja!”

Sapaan khas yang pasti sudah sering Rekawan dengar ketika baru saja masuk mini market ini. Sapaan tersebut selain bentuk keramahan pegawainya, ternyata bertujuan untuk melekatkan ingatan pengunjung pada Indomaret, lho! Strategi yang unik, bukan?

Kumpulan Strategi Marketing Unik dari Brand-Brand Terkenal

 

Itulah tadi pembahasan mengenai kumpulan strategi marketing unik dari brand-brand terkenal. Jika Anda berminat untuk mengaplikaskannya pada bisnis, jangan lupa untuk selalu melakukan riset dan pertimbangkan terlebih dahulu, agar menemukan strategi yang tepat guna.

Jangan lupa pantau terus website Rekasys untuk informasi seputar bisnis dan teknologi lainnya. Sampai jumpa!

 Tags :
Bagikan :    
TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.