Kisah Menteri Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri Wanita Inspiratif Panutan Rakyat
Kisah Menteri Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri Wanita Inspiratif Panutan Rakyat

Siapa yang tidak mengenal mantan menteri yang sempat viral karena gebrakan dan keberaniannya. Menteri tersebut adalah Dr. Susi Pudjiastuti atau kerap dipanggil Susi, yang merupakan mantan Menteri kelautan dan perikanan dari kabinet kerja dengan masa jabatan selama 2014-2019.

Selain pernah menjabat sebagai Menteri Indonesia, bu Susi juga merupakan pemilik dari perusahaan eksportir hasil perikanan yang bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan PT. ASI Pudjiastuti Aviation sebagai perusahaan yang mengoperasikan maskapai penerbangan Susi Air.

Kesuksesan yang ia raih semua berasal dari nol, lalu bagaimana Ia bisa mencapai semua ini? Berikut Rekasys akan mengajak Rekawan sekalian untuk belajar dari perjalanan kesuksesan bu Susi dengan mengulik perjuangannya.

Pernah Putus Sekolah

Ilustrasi Susi Pudjiastuti (sumber : kompasiana.com)

Susi lahir pada 15 Januari 1965 di Pangandaran, Jawa Barat. Susi mengenyam pendidikan  sebagai lulusan SMP. Ia sempat melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA, namun menurut berita yang beredar Susi dikeluarkan dari sekolah karena aktif dalam gerakan golput yang dimana pada saat itu gerakan tersebut dilarang. Hal tersebut menjadikan ia sebagai Menteri pertama dengan ijazah SMP.

Beliau tidak pernah berkecil hati. Ia memilih untuk mencoba memulai berbisnis dengan menjadi pengepul ikan. Modal awal yang dimiliki sekitar 750.000 dari hasil menjual perhiasan. Ia mulai menjadi pengepul ikan di Pangandaran tempat ia tinggal.

Berani Mandiri

Ilustrasi Susi Pudjiastuti (sumber : kompas.com)

Terlepas dari keluarganya yang memiliki usaha ternak, beliau berpikir untuk menjalani kehidupannya dengan mandiri. Setelah memulai usaha pengepulan ikannya iamemberanikan diri untuk pindah ke Cirebon tepatnya kota udang. Di Cirebon ia mulai membeli udang dan kodok untuk dijual ke Tanjung Priok. Keberaniannya membuat Susi berhasil untuk mengembangkan usahanya.

Tidak tanggung-tanggung, bisnisnya tersebut berhasil berkembang setelah merintis selama tiga belas tahun. Akhirnya Beliau memutusk an untuk mendirikan pabrik bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang bekerja untuk mengelola ikan.

Selalu Mengandalkan Peluang

Ilustrasi Susi Pudjiastuti (sumber : kompas.com)

Kesuksesan telah Beliau raih dengan PT ASI Pudjiastuti Marine Product miliknya. Produknya diberi nama “Susi Brand” dengan produk unggulan yaitu udang dan lobster. Produk unggulannya ini sudah dipasarkan hingga ke manca negara seperti Asia dan Amerika. Karena sudah banyaknya ekspor yang Susi lakukan tentu banyak tuntutan yang bermunculan. Salah satunya adalah kualitas dari produk yang harus fresh dan segar saat sampai tujuan.

Menaggapi hal tersebut Beliau memikirkan untuk mulai meggunakan pengiriman jalur udara sehingga pada tahun 2004. Ia memutuskan untuk membeli sebuah pesawat dengan jenis Cessna Caravan. Keputusannya untuk membeli pesawat telah membuka banyak peluang besar baginya. Selain digunakan sebagai pembawa produknya, Beliau melihat bahwa pesawatnya bisa untuk disewakan sebagai transportasi. Hal tersebut membuat Susi mendirikan PT. ASI Pudjiastuti Aviation yang khusus mengatur bisnis pesawat terbang miliknya. 

Menjadi Menteri

Ilustrasi Susi Pudjiastuti (sumber : idntimes.com)

Kesuksesannya tersebut membuat Presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi Kabinet Kerja sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan. Pada tahun 2014 silam, Susi Pudjiastuti menjadi kontroversi karena dinilai tidak cocok menjadi Menteri, namun ada pula yang mendukungnya. Kontroversi tersebut dikarenakan gayanya yang bisa dikatakan tidak seperti Menteri pada biasanya. Beliau memiliki tato, merokok, dan juga dianggap tidak berakhlak bagi beberapa orang. Namun banyak juga yang menjadi fans dari ibu Susi karena gayanya yang beda dari pada yang lain.

Pada akhir masa jabatannya beliau melepas semua jabatannya pada perusahaan miliknya untuk fokus memimpin pemerintahan. Masih teringat kata-kata viral dari Presiden Jokowi mengenai alasannya mengapa Ia memilih ibu Susi sebagai bagian dari kabinet kerja, yaitu karena Indonesia memerlukan orang ‘gila’ untuk melakuka terobosan baru. Kata-kata gila itu sangat bisa mendeskripsikan sosok Susi karena memiliki keberanian yang gila dan ide-ide yang cukup menantang.

Kisah Inspiratif Menteri Susi Pudjiastuti

Banyak hal yang bisa dipelajari dari sang mantan Menteri Perikanan dan Kelautan bu Susi Pudjiastuti, mulai dari keberaniannya hingga cara dia melangkah tanpa takut. Masih banyak lagi hal-hal yang bisa diambil dari kisah hidup ibu Susi ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat agar tidak ada yang ketinggalan berita menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.