Kiat untuk Menaikkan Pengalaman Pelanggan yang Menyenangkan


Pengalaman pelanggan adalah hal yang penting untuk dijaga dalam setiap bisnis. Dengan pengalaman, pelanggan dapat berpotensi akan melakukan repeat order atau menjadi pelanggan setia bahkan bisa merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain. Menjaga pengalaman pelanggan bukan suatu hal yang mudah karena harus memiliki konsistensi dan ketekunan.

Lalu bagaimana cara untuk bisa menaikan pengalaman pelanggan? Berikut Rekasys akan memberikan beberapa tips menariknya.

Memastikan Karyawan Memberikan Layanan yang Memuaskan

Ilustrasi berbicara dengan customer (Sumber : kajianpustaka.com)

Pengalaman pelanggan sangat tergantung pada bagaimana pelayanan yang diberikan, dan tentu pelayanan tersebut datang dari karyawan yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Pelatihan yang baik harus selalu diberikan pada karyawan untuk selalu memperbaiki sikap dan tentunya tau harus melakukan apa. Pelatihan tersebut bisa tentang bagaimana harus menangani pelanggan pada situasi apapun secara professional tanpa melibatkan emosi yang berlebihan. Dengan begitu karyawan dapat menangani pelanggan dalam situasi yang tegang, santai, bahkan saat pelanggan mulai marah-marah dengan baik.

Mempererat Hubungan dengan Ikatan Emosional

Ilustrasi  melayani customer (Sumber : entrepreneurcamp.id)

Memahami kebutuhan emosional pelanggan akan menciptakan pengalaman yang personal sehingga dapat menciptakan kepuasan dan kenyamanan. Memahami emosional pelanggan juga akan membantu memenuhi kebutuhan dari pelanggan sehingga hubungan akan semakin erat dan pelanggan mulai menyukai bisnis anda.

Buat Bisnis Mudah Dijangkau Pelanggan

Ilustrasi  customer service (Sumber : entrepreneurcamp.id)

Seringkali banyak pelanggan yang merasa tidak puas karena merasa bahwa perusahaan susah untuk dijangkau. Contoh seorang pelanggan merasa ada yang kurang dari pelayanan karyawan sehingga ia memutuskan untuk memberikan komplain pada perusahaan, namun ia tidak kunjung mendapat balasan sehingga pelanggan tersebut merasa bahwa perusahaan susah untuk dijangkau dan menimbulkan ketidak puasan dari pelanggan.

Hal ini dapat dihindari dengan menyediakan layanan untuk menerima keluhan pelanggan seperti Customer Service yang selalu siap siaga menanggapi keluhan dari pelanggan, dengan begitu pelanggan akan lebih merasa dihargai pendapatnya dan tidak diabaikan.

Jangan Menilai Pelanggan dengan Asumsi

Ilustrasi kesetiaan pelanggan (Sumber : kajianpustaka.com)

Sering ditemui di beberapa toko atau bisnis, bahwa karyawan memberikan pelayanan yang buruk karena berasumsi bahwa pelanggan tersebut tidak akan mampu untuk berbelanja dari penampilannya. Kasus seperti ini hanya akan menambah citra yang buruk bagi bisnis karena dianggap memilih-milih pelanggan. Langkah yang baik dilakukan adalah memperbaiki sistem pelayanan untuk pelanggan, dan memperbaiki sikap dari karyawan.

Setiap pelanggan berhak untuk dilayani dengan baik dalam kondisi apapun. Untuk menjaga pengalaman yang baik, semua pelanggan yang datang harus diberikan pengalaman yang baik tanpa adanya perbedaan dan kekurangan.

Selalu Mengevaluasi Pelayanan

Ilustrasi  evaluasi kinerja (Sumber : glints.com)

Pengalaman pelanggan sudah baik, perkembangan harus terus dibutuhkan. Selalu untuk mengevaluasi kekurangan yang terjadi misalnya komplain dari pelanggan tentang layanan, lalu rundingkan dengan karyawan dan mencoba untuk memperbaikinya. Sediakan alat pengukur untuk mengetahui sampai mana kepuasan pelanggan seperti survey atau pemberian bintang untuk setiap kunjungan pelanggan, dengan begitu akan lebih mudah untuk mengembangkan pelayanan yang diberikan.

- Kiat untuk Menaikkan Pengalaman Pelanggan yang Menyenangkan -

Penting untuk mengutamakan pengalaman pelanggan dengan memberikan kepuasan atas layanan yang diberikan. Dengan kiat yang kami berikan diatas, dapat membantu bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan baik, karena pengalaman yang baik akan memberikan banyak dampak positif bagi bisnis anda.

Jangan lupa untuk membagikan tips menarik ini kepada teman dan kerabat anda agar tidak ada yang ketinggalan berita menarik seputar bisnis lainnya diwebsite kami. Semoga bermanfaat.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.