Kenali 7 Faktor Penting Sebelum Memasang Iklan di Sosial Media


Dalam menerapkan Digital Marketing dalam bisnis, salah satu strategi ampuh untuk menarik awareness serta melakukan promosi terhadap produk Anda adalah dengan online advertising. Online advertising singkatnya merupakan usaha untuk mengiklankan pamflet berisi pengenalan maupun promosi suatu produk maupun jasa.

Namun, dalam membuat sampai memasang iklan, ada baiknya Rekawan memperhatikan 7 faktor penting ini sebelum memasang iklan di sosial media, baik itu Facebook, Instagram, hingga website.

Target Audiens yang Jelas

Ilustrasi (sumber : https://lh5.googleusercontent.com/)

Hal yang harus diperhatikan paling awal adalah mengetahui dengan jelas siapa saja kalangan yang Anda targetkan untuk melihat iklan tersebut, karena, salah satu faktor  keefektifan suatu iklan terletak pada ketepatan orang-orang yang melihatnya.

Anda bisa mencari tahu serta  meneliti audiens dengan mengetahui data demografis dan berbagai informasi pendukung lainnya sesuai dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Misalnya, jika produknya skincare, Anda bisa mencari tahu usia, jenis kelamin, minat, dan lain sebagainya untuk data pendukung lainnya.

Dengan begitu, Anda dapat mengatur target audiens iklan yang ingin dipasang pada sosial media.

Teknik Copywriting yang Tepat

Ilustrasi (sumber : cdn-image.hipwee.com)

Setelah mendapatkan data audiens, Anda bisa membuat konten iklan yang menarik, informatif, dan tepat dengan menggunakan teknik Copywriting. Anda dapat menggunakan salah satu teknik menulis iklan, yakni AIDA (Attention, Interest, Desire, & Action)

Dengan demikian, Anda dapat meraih perhatian orang yang membaca iklan dengan headline yang menarik (attention), membuat mereka terus membaca (interest), menginformasikan keuntungan dan manfaat dari produk untuk memunculkan keinginan audiens untuk membeli (desire), dan ajakan persuasif agar akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan klik, transaksi, atau apapun yang tertulis pada iklan (action).

Tampilan Iklan yang Tidak Rumit

Ilustrasi (sumber : cdn.popbela.com)

Setelah membuat konten tulisan, pastikan iklan yang ignin Anda pasang terlihat simple dan enak dilihat. Usahakan untuk menghindari terlalu banyak gambar maupun elemen-elemen yang mengganggu pandangan orang lain.

Hal ini akan membuat iklan Anda lebih menarik, simple, dan enak dilihat. Tentunya ini akan semakin mendukung audiens untuk tertarik melihat, bahkan melakukan tindakan dengan meng-klik iklan tersebut.

Riset dan Pemahaman Tempat Iklan yang Tepat

Ilustrasi (sumber : i0.wp.com)

Faktor berhasil tidaknya sebuah iklan online terdapat pada pemahaman tempat iklan yang tepat. Berbagai platform online advertising, seperti Google Ads, LinkedIn, Facebook, Instagram, dan Twitter menawarkan kemudahan serta kelebihannya masing-masing.

Anda bisa memilih platform mana yang sesuai dengan kebiasaan audiens atau konsumen produk maupun jasayang ditawarkan, apakah mereka sering membuka Youtube, Instagram, Twitter, atau platform lainnya.

Setelahnya, barulah memutuskan kira-kira platform mana yang berpotensi untuk dipasang iklan.

Ukuran Iklan yang Sesuai

Ilustrasi (sumber : www.centerklik.com)

 Layaknya pada iklan tradisional di buletin koran, majalah, baliho, maupun billboard, iklan di sosial media juga memiliki ukuran yang harus ditentukan agar tidak mengganggu orang yang melihat iklan tersebut. Jangan sampai ukurannya terlalu besar, sehingga menghalangi pandangan, jangan pula terlalu kecil hingga terlalu sulit untuk dibaca.

Beberapa ukuran iklan dari Google Adsense yang bisa Rekawan pilih dilansir dari Glints, yakni medium rectangle (300x250), large rectangle (336x280), atau leaderboard (728x90). Jika ingin beriklan di Instagram, Anda bisa mempelajari fitur pixels yang tersedia di Instagram.

Waktu untuk Mengupload Iklan

Ilustrasi (sumber : media.suara.com) 

Faktor penting lainnya ialah menentukan jam-jam untuk meng-upload iklan. Ketepatan ini membutuhkan riset terhadap audiens Anda, pada jam-jam berapakah mereka aktif melakukan sosial media dan sedang tidak melakukan kegiatan lainnya.

Jangan sampai iklan Anda malah terabaikan karena minimnya waktu mereka dan ketidaktepatan melihat iklan yang Anda pasang.

Biaya yang Akan Digunakan untuk Beriklan

Ilustrasi (sumber : i0.wp.com) 

Beriklan di sosial media membutuhkan biaya, namun tidak sebanyak iklan tradisional yang membutuhkan printing, flyer, dan lain sebagainya. Anda bisa menyesuaikan biaya tersebut dengan banyaknya jangkauan yang ingin Anda raih dalam kurun waktu tertentu.

- Kenali 7 Faktor Penting Sebelum Memasang Iklan di Sosial Media -

Itulah tadi pembahasan mengenai 7 faktor penting sebelum memasang iklan di sosial media. Jika Anda ingin beriklan, namun masih minim pengetahuan mengenai online advertising, Rekawan bisa berkonsultasi dengan Tim Digital Marketing Management Rekasys dengan mengunjungi akun Instagram kami di @rekasys.id.

Selalu pantau website Rekasys untuk informasi mengenai teknologi dan bisnis lainnya. Sampai jumpa!

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.