5+ Kiat Sukses untuk Memajukan Bisnis

Perjuangan menjadi seorang pebisnis tidak hanya sampai pada membangun binis saja. Rekawan juga harus memikirkan bagaimana memajukan serta mempertahankan bisnis tersebut agar tetap berdiri dan eksis menghadapi persaingan yang semakin ketat seiring berkembangnya jaman.

Memajukan bisnis tidak kalah sulitnya dari membangun bisnis dari nol. Butuh strategi dan pemanfaatan sumber daya serta teknologi untuk semakin melajukan usaha memajukan bisnis. Berikut kami bahas mengenai 5 kiat sukses bagi Rekawan yang ingin membawa bisnisnya semakin maju.

Perbaiki Kerjasama antar Tim

(Sumber Gambar : ekrutassets.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com) 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki kerjasama antar tim. Ketika ingin memajukan suatu bisnis, Anda membutuhkan orang-orang yang mau bekerja sama dengan Anda maupun dengan rekan sesama timnya.

Kerjasama tim yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, kompak, dan terarah. Tentu saja hal ini akan berdampak pada usaha Anda sebagai pemilik bisnis untuk bergerak maju bersama tim. Perlu diperhatikan untuk menunjuk masing-masing satu koordinator untuk memanajemen anggota timnya, agar kerja sama tim memiliki satu arahan.

 

Riset Kebutuhan Pasar

(Sumber Gambar : i0.wp.com)

Kedua, yakni meriset kebutuhan pasar. Perilaku konsumen berubah-ubah setiap harinya. Anda yang sudah memiliki banyak pelanggan pun harus tetap melakukan riset pasar, agar mampu menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar.

Meriset kebutuhan pasar memerlukan satu tim khusus untuk melakukan pengumpulan kebutuhan serta melakukan analisis data yang mendalam. Data tersebut nantinya akan digunakan dalam menyusunan strategi pemasaran kedepannya.

Pertahankan Kualitas Produk

(Sumber Gambar : surabaya.proxsisgroup.com)

Kiat ketiga yakni mempertahankan kualitas produk. Apapun bisnis Anda, apapun jenis produknya, maka harus dipertahankan kualitas dari produk tersebut, mulai dari bahan baku, ukuran, hingga rasa maupun pengalaman pengguna, jika produk Anda berupa jasa.

Mempertahankan kualitas produk akan sangat memanjakan pelanggan, karena pengalaman mereka pada produk Anda akan terus terjaga. Tidak menutup kemungkinan, pelanggan baru akan berdatangan untuk ikut merasakan pengalaman yang sama.

Siapkan Inovasi

(Sumber Gambar : media.suara.com)

 

Selain menjaga kualitas produk, Anda juga perlu melakukan inovasi. Pelanggan Anda mungkin akan bertahan dengan produk yang lama. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga menanti inovasi-inovasi cemerlang Anda dan tim, misalnya penambahan pilihan rasa, bahan kain, promo, maupun layanan yang belum pernah ada pada bisnis Anda.

Selain untuk meminimalisir persaingan, inovasi membuat produk Anda memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Ide untuk melakukan inovasi bisa dari mana saja. Bisa dari kreativitas tim maupun dari kritik dan masukan dari pelanggan yang diolah dan diriset kembali.

Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

(Sumber Gambar : merchant.id)

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu mengetahui betapa pentingnya mengutamakan keinginan dan kepuasan konsumen baru maupun yang sudah menjadi pelanggan. Konsumen baru tidak menutup kemungkinan akan berubah menjadi pelanggan ketika Anda selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan.

Maka dari itu, hubungan dengan pelanggan harus selalu dijaga. Utamakan selalu keinginan dan kepuasan pelanggan, jangan sampai ada yang kecewa pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

 

Memanfaatkan Teknologi untuk Operasional Bisnis

(Sumber Gambar : www.barantum.com)

Yang terakhir adalah menggunakan teknologi untuk operasional bisnis. Tidak dipungkiri, teknologi mempengaruhi semua bidang, termasuk pada bisnis.  Para pelaku usaha semakin dimudahkan oleh teknologi dalam mengelola bisnis.

Bagi para pelaku bisnis yang ingin memajukan bisnis, penting bagi Anda untuk selalu memiliki laporan bisnis yang mudah dipahami, catatan stok yang akurat, dan bisa dipantau kapan saja dan di mana saja. Jika pencatatan bisnis sudah aman, Anda bisa lebih fokus melakukan inovasi dan memberikan yang terbaik bagi konsumen.

RekaPOS hadir sebagai solusi untuk kelola bisnis lebih mudah, aman, dan efisien. Terdapat 15+ jenis laporan yang tersaji otomatis dan mudah dipahami. Kelola stok barang masuk hingga opname pun tidak lagi rumit dan dapat dikelola dengan akurat.

RekaPOS adalah aplikasi Web-Based, sehingga cocok untuk berbagai perangkat pendukung untuk kelola bisnis, seperti laptop, komputer, dan tab. Aplikasi ini dapat digunakan oleh lebih dari 5 user, bahkan tak terbatas.

Butuh custom untuk menyesuaikan dengan bisnis Anda? Atau ingin membatasi akses antara admin, kasir, dan Anda sendiri? Semuanya bisa dengan RekaPOS.

5+ Kiat Sukses untuk Memajukan Bisnis

Itulah ulasan kami mengenai 5+ kiat sukses untuk memajukan bisnis. Semoga menginspirasi dan memberikan pandangan bagi Anda yang ingin membawa bisnis semakin maju mengikuti perkembangan jaman.

Untuk Anda yang ingin melakukan request demo RekaPOS, silakan hubungi Customer Service kami via WhatsApp di nomor +62 823-4765-6131. Kami tunggu kerja samanya untuk #BerbisnisBersamaRekasys.

TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.