Gerakan Tagar LetTheEartBreath dan Pengaruhnya di Ranah Bisnis


Trending melalui media sosial Twitter tagar #LetTheEarthBreath pada Jumat, 15 April 2022 telah mencapai lebih dari 1,7 juta tweet. Hal ini berkaitan dengan bentuk protes yang dilakukan para ilmuwan pada 6 April 2022 silam.

Peter Kalmus, seorang ilmuwan NASA dan ilmuwan lainnya sampai menitikan air mata saat menyuarakan peringatan iklim global. Mereka berharap suara mereka tidak lagi dibungkam dan berharap orang-orang lebih sadar untuk menjaga bumi.

Setelah membaca kilasan berita di atas, Rekawan pasti bertanya-tanya, “sebagai pebisnis, apa hal yang bisa saya lakukan untuk membantu menjaga bumi? Dan apa pengaruh yang bisa saya rasakan kedepannya?”. Jika demikian, simak ulasan mengenai pengaruh gerakan #LetTheEarthBreath di ranah bisnis.

Mengurangi Penggunaan Kertas

(Sumber : asset-a.grid.id)

Mengurangi konsumsi kertas sejatinya sudah menjadi gerakan yang cukup lama dilakukan. Namun, pengaruhnya masih akan terasa sampai saat ini. Mengurangi penggunaan kertas untuk membuat laporan maupun kebutuhan bisnis lainnya juga bisa mengurangi tumpukan limbah kertas yang mencemari lingkungan.

Rekawan bisa beralih pada pencatatan digital yang tentunya lebih mudah, aman, dan efisien dengan aplikasi Point of Sales (POS) dengan fitur lengkap, termasuk laporan yang tersaji otomatis, pengecekan stok, hingga akuntansi. RekaPOS merupakan pilihan  yang tepar bagi Anda yang saat ini juga ingin beralih ke pencatatan digital untuk mendukung gerakan #LetTheEarthBreath.

Menutup Jendela Saat Menggunakan AC

(Sumber : asset.kompas.com)

Tahukan Rekawan, bahwa dengan menutup jendela saat menggunakan AC saat di kantor maupun di rumah tidak hanya memaksimalkan kinerja AC sebagai pendingin ruangan, namun juga membantu mengurangi degradasi lapisan ozon di atmosfer. Selain itu, kulit kita juga bisa terlindungi dari pengaruh buruk sinar UV dengan melindungi ozon.

Contoh tindakan yang meninggalkan efek serupa adalah tidak menyemprot parfum di ruangan terbuka, menutup pintu kulkas secepatnya, dan mengurangi pembakaran terbuka di luar ruangan.

Ketika hal ini dilakukan dalam lingkungan tempat Anda berbisnis, maka pengaruh baiknya akan terasa. Anda dan karyawan lainnya pun telah mengikuti gerakan #LetTheEarthBreath.
 

Menaiki Alat Transportasi Umum

(Sumber : ilovelife.co.id)

Ingin lingkungan kerja lebih bersih dan nyaman? Sudah saatnya Rekawan menggunakan alat transportasi umum saat pergi ke tempat kerja. Hal ini akan membuat lingkungan tempat kerja lebih bersih, karena berkurangnya polusi yang diakibatkan dari banyaknya kendaraan bermotor.

Selain itu, penggunaan transportasi umum untuk berpergian dapat mengurangi jejak karbon, yakni jumlah karbon atau gas emisi dari berbagai kegiatan (aktivitas) manusia pada kurun waktu tertentu, salah satunya penggunaan kendaraan bermotor untuk bepergian.

Mencabut Kabel Saat Tidak Digunakan

(Sumber : ilovelife.co.id)

Kebiasaan ini sering terjadi di ruangan kantor, di mana terdapat kabel yang masih tertancap di stop kontak, namun tidak digunakan, misalnya kabel charger laptop, printer, dan lain sebagainya. Untuk itu, biasakan untuk mencabut kabel charger laptop, HP, printer, dan lain-lain.

Tindakan ini bisa membantu bumi menghemat sumber energi agar tidak cepat habis. Anda juga bisa mematikan lampu saat tidak diperlukan untuk lebih menghemat energi. Pengeluaran untuk membayar tagihan listrik pun tidak lagi membengkak, karena Anda selalu menghemat energi di lokasi bisnis.

Menghapus E-Mail yang Tidak Penting dan Menumpuk

(Sumber : media.suara.com)

E-mail merupakan bagian yang sudah digunakan dalam bisnis, baik untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas lainnya. Memang terlihat hal yang tidak menimbulkan dampak apa-apa, namun ternyata, e-mail bisa meninggalkan jejak karbon.

Tumpukan e-mail di laptop maupun ponsel kita tersimpan di server yang membutuhkan listrik, dan harus dinyalakan sepanjang hari agar bisa terus beroperasi. Semakin banyak email yang tertumpuk, maka semakin besar juga kinerja server layanan email.

 Meskipun tidak memberikan pengaruh pada polusi kertas, namun e-mail bisa sangat berdampak pada emisi karbon yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global. Langkah kecil yang dapat Anda ambil sebagai pebisnis maupun pekerja kantoran adalah dengan menghapus e-mail yang tidak diinginkan.

Gerakan #LetTheEartBreath dan Pengaruhnya di Ranah Bisnis

Itulah tadi ulasan mengenai gerakan LetTheEarthBreath dan pengaruhnya di ranah bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi Rekawan sekalian untuk membantu menyelamatkan bumi melalui langkah-langkah kecil di atas.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi, bisnis, dan marketing hanya di website Rekasystem. Sampai jumpa!

 Tags :
Bagikan :    
TENTANG PENULIS

Tiffany Maulany Putri

She's eager to learn anything about Marketing, Business, and anything related to her work. She also loves to put her mind into words that enjoyable to read.